WELCOME,
PLEASE, ENJOY VISITING THE CONTENTS OF THIS BLOG

Rabu, 25 November 2009

Materi Matematika I




HAKEKAT MATEMATIKA

Pengertian Matematika:
Beberapa definisi tentang matematika:
  1. Matematika terorganisasikan dari unsure-unsur yang tidak didefinisikan, definisi, aksioma(postulat), teorema(dalil). (Russefendi: 1988)
  2. Matematika adalah ilmu tentang logika, mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya. (James and james: 1976)
  3. Matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logis. Matematik adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, akurat representasinya dengan symbol dan padat, lebih berupa bahasa symbol mengenai ide daripada mengenai bunyi. Matematika adalah pengetahuan struktur yang terorganisasi, sifat-sifat dalam teori-teori dibuat secara deduktif berdasarkan kepada unsure yang tidak didefinisikan, aksioma, sifat atau teori yang telah dibuktikan kebenarannya adalah ilmu tentang keteraturan pola atau ide, dan matematika itu adalah suatu seni, keindahannya terdapat pada keterurutan dan keharmonisannya. (Johnson and Rising: 1972)4. Matematika adalah telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola berpikir, suatu seni, suatu bahasa dan suatu alat. (Reys-dkk:1984)
  4. Matematika itu bukan pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan social, ekonomi, dan alam. (Kline:1973)

baca selengkapnya .....



1 komentar: